Tersenyumlah dengan matamu…


Mata, begitulah organ tersebut tercipta menempati rongga kepala kita. Banyak yang berkata mata itu adalah jendela hati, jendela jiwa dan juga jendela emosi.  Pun dari ilmu kesehatan juga menyebutkan dengan melihat mata, kita dapat melihat penyakit yang diderita orang yang bersangkutan. Sedikit-sedikit saya sudah coba juga menerapkan ilmu ini.

Untuk sekarang yang akan kita coba bahas adalah bagaimana kita mengelola emosi dengan mengelola mata kita.  Lho? Apa hubungannya? Nah jadi ungkapan mata itu jendela jiwa sebenarnya bukan cuma kiasan lho…

Ibaratnya rumah, jika jendelanya  tampak kotor bisa jadi indikasi rumah itu jarang dibersihkan. Kalau jendelanya bersih kita otomatis juga tahu kalau rumah tersebut sudah dibersihkan meski tanpa perlu kita masuk rumahnya.

Bagaimana kita tahu kalau orang sedang marah? Salah satunya adalah dari sorot matanya. Nah hal ini juga bisa dibalik. Kalau tatapan mata kita dikondisikan untuk sayu, kaku, berat bagai gelondongan kayu apakah kita merasakan emosi marah? Atau bagaimana kita bisa berselera melihat makanan jika mata kita tidak membelalak tapi hanya tatapan datar tanpa selera.

Begitu pula bagaimana kita bisa bergembira dan marah kalau mata kita menatap kosong tanpa makna dan cahaya.

Jadi mata kita ini bisa dipakai untuk mengontrol emosi dalam diri kita juga. Maka itu dalam kitab suci diminta juga diri kita menjaga pandangan, jadi pandangannya dikendalikan untuk membantu kelola diri kita juga.

Nah resep selanjutnya adalah bagaimana supaya senyum kita tulus. Jika kita senyum hanya menarik kedua otot bibir kita maka yang ada hanya seringai hampa saja. Karena itu coba lah mulai tersenyum dari mata.

Maksudnya?

Bahagiakan mata anda, buatlah mata anda tersenyum lebih dahulu (kira-kira posisi mata seperti ini ^_^) maka bibir anda akan mengikuti dengan sendirinya. Bahkan meski bibir anda tahan untuk tidak senyum bibir akan tetap tersenyum. Ya jadilah senyum yang tulus muncul dari bahagianya diri dan mata anda. Selamat latihan mata à ^^ O_O -_-;o_O @_@ u_u n_n T_T

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: