Amazon = Amazing Zone…


amazon.com beberapa waktu lalu menjadi bahan bahasan di salah satu milis yang kuikuti. begitu hebohnya karena dimana sebuah buku yang memenangkan pullitzer award pun dapat terjual setara dengan harga sebuah beef burger di salah satu gerai makan cepat saji. Sebuah novel legendaris yang bisa digunakan sebagai bantal pun (hehehe…) cukup dengan $2 ajah uda bisa dibawa pulang dikirim ke tempat kita.

wah heboh deh cerita2 nya….meski cuma bisa baca ajah udah cukup bikin ngiler para book lovers…

namun di lain nama, amazon juga merupakan sebuah kawasan hutan tropis yang paling digilai para peneliti lingkungan, biologi atau pemerhati hayati.https://i2.wp.com/amazon.amazoneweb.nl/overig/amazonia.jpg

begitu banyak referensi,publikasi,hasil penelitian mengangkat kawasan amazon ini.

begitu banyak kesamaan antara dua nama namun beda domain tersebut. domain nyata dan maya. dan kesamaan inilah yang  membuat amazon-amazon itu sangatlah atraktif.

Liar,ya di hutan kawasan Brazil itu segala sesuatunya begitu liar. mulai dari tumbuhan, hewan, bahkan makhluk2 mikroskopisnya pun juga seperti itu. tak ayal pula di kios buku online amazon pun kita bisa menemui semua jenis buku. dari yang liar sampai yang jinak. dari yang bicara tentang garis kanan sampai ke kiri jauh. Dari bahan pemikiran futuristik sampai yang historik pun tinggal di klik saja akan ketemu.

Atau liar juga bisa disebut sebagai cikal bakal atau ancestor (nenek moyang) atao kalo bahasa genetika nya itu masih F0 (F nol) jadi segala macam yang sifatnya masih asli akan ditemui di sini. seperti jambu air yang kita makan sekarang, tebal dagingnya, manis, segar, merah merona, ada bijinya yang kecil tak akan kita temui. karena jambu itu sudah disilang-silangkan sehingga menjadi varietas favorit yang seperti itu. namun aslinya jambu air itu berwarna hijau, biji banyak, daging tipis, agak kering, dan rasanya sepet-sepet seger. seperti yang dulu kutemukan di hutan Alas Purwo Jawa Timur.

Begitu pula keliaran dan sumber nenek moyang buku pun bisa kita temukan di amazon.com buku para filsuf-filsuf bahkan sampai buku kuno pun bisa saja ditelusuri melalui situs ini.

ya, kurasa hal ke-Liar-an itu lah yang membuat begitu amazing….menggoda…luar biasa dan menarik perhatian dunia

namun kawan, kita perlu tilik ulang lagi…

negeri ini pun sebenarnya juga kaya akan biodiversitas sumber beberapa nenek moyangnya makhluk hidup. tak heran di kalimantan minimal terdapat 7 varietas durian, mulai dari yang berdaging warna agak gelap sampai berdaging warna kemerahan. itu hanya contoh kecil saja. banyak hal lain dimulai dari sini

namun alangkah nistanya kita saat tak menyadari hal ini, justru ternyata kita belum bisa menjadi amazing. mari kita liarkan kembali segala potensi negeri ini. potensi alam dan manusia-manusia nya. kembali pada ancestor budaya yang kuat mengakar. yang mampu bersanding di mata dunia dan menjadi negara yang dibutuhkan dunia. Let’s make our amazing zone Here!!!! INDONESIA!

One Response

  1. kt sgt PUJI dan SYUKUR krn TUHAN bisa masih bertahan nafas hidup kt utk menikmati keindahan alam di dunia in.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: