Kepada Pak Petani kacang hijau,saya ada masukan nich…


Saya baca dari suatu situs dari pustaka deptan tentang cara menanam kacang hijau.

dikatakan disana kalau dalam satu lubang tanam ditanam 3 biji kacang hijau. Ternyata setelah saya coba dalam satu

medium tanam (tanah lembang 100 gr dalam segelas aqua kecil) ternyata hanya 4 tanaman dari 21 tanaman yang

tumbuh. Jadi dari 7 gelas yang masing-masing terisi 3 biji ternyata hanya 19% nya yang dapat tumbuh dengan baik.

Dan masing-masing tumbuh dengan baik setelah satu atau dua biji lainnya layu terlebih dahulu,sehingga ia tidak punya saingan saat tumbuh.

Nah selain itu dikatakan akhir-akhir ini harga pupuk naik, ya wajar soalnya harga minyak dunia juga lagi naik. Khan bahan baku urea dan lain-lainnya salah satu bahan bakunya itu minyak bumi.

Lalu gimana solusinya?

liat khan itu daunnya hijau dan seger-seger? dan pada hari ke-5 kalau ga salah saya kasih pupuk “buatan saya” sendiri dan tiba-tiba pertumbuhannya langsung mencapai hampir 1 cm.

Apa pupuknya? saya mengoleksinya di pagi hari dalam sebuah botol lalu diencerkan dengan air tawar sampai sepenuh botol. Apa itu? yup, itu urine….

Jadi,kalau nanam kacang hijau itu sebenernya ga perlu banyak pupuk karena kacang hijau bisa memfiksasi nitrogen bebas di udara. Hebat khan…terutama dengan bantuan mikroba fiksasi nitrogen. Nah kalau pake pupuk anorganik, si mikroba ini bakalan cepet mati.

Tapi kalau dengan jurus maut, koleksi hajat ringan di pagi hari (euleuh…euleuh..istilah yang baru terpikir)

ternyata hasilnya pun cukup oke.

apalagi hajat yang besar ya…hehehe….

yuk ah itu aja tips dari saya, yaitu :

1. satu lubang cukup ditanam satu biji supaya ga saling bersaing (seperti makan sepiring bertiga aja, pasti rebutan) dan benih yang dipakai lebih sedikit sampai sepertiga nya (1 ha jadi 50.000 benih)

2. pakai pupuk organik yang murah dan mudah didapat

sampai jumpa

Salam coba-coba

18 Responses

  1. Kenapa 3? kalau 4? 5? 6?

    Wah, jadi inget. dlu aku pernah adu pinter sama kakak. lomba nanem kacang ijo. yang menang yang paling panjang/tinggi. Kakak yg menang, gelas kcang ijony dtaru d kolong tempat tidur yang gelap gulita, sepertinya tumbuhnya lebih cepet gara2 lingkunganny yg memaksa seperti itu.. mirip2 ga nih kejadianny seperti postingan di atas?

  2. @albaz
    kenapa 3? karena paradigma petani yang cukup aneh, kalau satu mati khan masih ada 2 lagi. harusnya,karena cuma satu jadi bisa di”eman-eman”(sayang-sayang) jadi tumbuh nya juga bagus deh.kalau di tempat gelap, memang bisa tapi jadinya kurus dan kuning,betul ndak?kalau di bawah sinar matahari hijau segar tapi ga setinggi tempat gelap meskipun lebih “gemuk”

  3. setelah liat foto di atas ternyata saya ganteng juga ya…maka itu saya jarang muncul di foto-foto bareng.bisi ada yang ngambil/nge-crop foto saya..heheh..peace ah…

  4. Oia, tul pak. panjang tapi kurus..

  5. eh, ikhwan baleg lah, narsis dimana-mana…
    but, very nice work!!!
    bagus…bagus…kuliah bioteknologi tumbuhannya diaplikasikan…

  6. hahaha,,mantabs bgt wan,,,hasil tugas bitektumb kita bener2 lu praktekin,,,hahaha,,,sip-sip

    jadi pengen nulis blog gini,,,sayang masih males euy,,,hahah

  7. Asoy… lucu…

  8. akhirnya
    ada yang mengakui bahwa hajat itu berguna
    ini fakta kan?

  9. @Ikhwan: wah, Ikhwan, kamu pede sekali. Saya coba perhatikan foto ini (http://sbt.salman.itb.ac.id/wp-content/gallery/salman-basic-training-4/PB100056.JPG)
    dalam-dalam, ternyata ga ganteng-ganteng amat. Peace!🙂

  10. thank’s for infi nya yapz……..

  11. thanks yach atas infox, informasix sangat membantu loh?

  12. yang bener?, bercanda ya?, punya teman q, semua tnmn buah disiram urine ++ sprti punyamu, buah lebat, tapi mdh busuk, kenapa ya?

  13. botol pengencer urine seberapa gd biar ukurannya pas ya?

  14. Wah benar-benar rumit tapi aku akan mencoba

  15. afwan ya?? trus mindahin ke lahannya kapan? dijelasin tanda-tandanya atau ciri-ciri kapan dipindahin ke lahan sesungguhnya. jarak tanamnya juga berapa?
    syukran jazakallah khair

    Jawab : saya jg belum terlalu paham…mungkin bisa langsung diaplikasikan utk pupuk dengan perbandingan seperti penggunaan air seni kelinci

  16. hahahahaha…mana tahan ngencingi 1 Hektar

  17. Ada ada aja.. kalo begitu butuh orang sekampung untuk pupuk 1Ha tanaman kacang ijo. ide bagus hemat biaya.. orang kampung mah paling mudah dimintain tolong,apalagi cuman urin, tapi kan najis! gimana kalo dari sapi? dah di uji coba? kan tdk najis,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: