SMS Santet?Ki Joko Bodo Merasa Terpojokkan


gimana ga shock tengah malem lagi bengong (ga mikir) dapet sms gini dari nomor ga dikenal

[Al-Baqarah : 164] Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering) -nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; Sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.
Allah SWT di ayat tersebut jelas sekali menyuruh kita untuk berpikir , dan terdapat puluhan ayat lagi yang menyuruh kita berpikir , tidak ada satupun ayat di Al Qur’an menyuruh kita untuk mempercayai jampi jampi, ruqyah ataupun sihir yang dulu dikembangkan kerajaan kuno di Eropa (Harry Potter bukti Eropa pada akar budaya mereka mempercayai sihir) . Maka oleh sebab itu , marilah , sebagai umat muslim sejati , sebaiknya pandai memilah milih , mana yang haq , dan mana yang bathil , karena perbedaannya sangat tipis sekali . Sejarah menggambarkan Zaman Keemasan Islam yang sangat luar biasa , sebagaimana terbukti , ilmu pengetahuan banyak sekali dimunculkan dari Dunia Islam , contohnya Al Jabar atau ilmu hitung , Kimia atau chemistry. Bahkan kedokteran yang dikembangkan oleh Ibnu Sina. Tiga contoh itu membuktikan bahwa seharusnya umat Islam harus lebih pandai berpikir dan menganalisa , bukannya Japa Mantera yang dirubah pakai bahasa Arab. Melihat perkembangan sekarang , adalah wajar umat Islam semakin mundur , karena dengan semakin berkembangnya Ruqyah , masyarakat Islam akan semakin jauh dari berpikir , bahkan sering sekali Ruqyah dijadikan pembenaran untuk kesalahan yang dilakukan , contohnya :

1. Ada seorang suami yang melakukan penyelewengan , tapi sudah bosan dengan simpanannya , dan kebetulan anak istrinya sudah membongkar penyelewengannya itu , untuk menghindari perceraian dengan istri tuanya sang suami bilang saja dia melakukan itu tanpa disadari atau seperti tidak bisa mengontrol diri , otomatis kecurigaan akan mengarah kepada sihir dalam bentuk guna guna pengasihan, dibawalah sang suami pada seorang pe Ruqyah , ketika di Ruqyah sang suami pura pura ngamuk seolah olah di tubuhnya ada Jin , toh pe Ruqyah tidak bisa membedakan , setelah pura pura sembuh karena tadinya tidak apa apa juga , akhirnya selamatlah perkawinannya karena sang istri memaklumi bahwa suaminya kena pelet , juga anak anaknya memaklumi , dan sang simpanan bisa di depak jauh jauh .

2. Ada seorang anak muda karena cintanya ditolak akhirnya dia jadi stress , dan menderita schizophrenia. Penderita gangguan kejiwaan ini akan merasa seperti ada yang membisiki , dan datanglah pada seorang yang katanya pe Ruqyah . Mendengar keluhan tersebut sang pe Ruqyah karena tidak bisa membedakan penyakit dari Jin atau gangguan kejiwaan , langsung muncul vonis bahwa itu diganggu Jin , maka di Ruqyahlah anak muda itu . Berhubung orang yang mengalami gangguan jiwa seperti ini mudah sekali tersugesti , menggelepar geleparlah dia sampai lama , dan terdiam setelah kelelahan . Karena sugesti tersebut , anak muda itu merasa ringan untuk sementara . Tapi keesokan harinya , begitu lagi dan begitu lagi , akhirnya dibawalah ke RS Jiwa , di terapi selama dua bulan , Alhamdulillah atas Izin Allah SWT anak muda tersebut sembuh .

3. Ada seorang penderita psikosomatis yang selalu merasa tidak enak badan akibat stress , selalu mengeluh ini dan itu , setelah di check laboratorium semuanya normal , karena memang normal , rasa sakit itu muncul dari stress itu sendiri , jadinya segala kerasa . Dia jadi curiga itu karena guna guna karena dia tidak suka ketika dokter bilang bahwa sakitnya itu karena psikis atau stress , itu menunjukan bahwa dia lemah dan itu tidak disukainya . Ketika datang pada pe Ruqyah langsung di vonis terkena sihir berupa guna guna katanya , nah inilah jawaban yang dikehendakinya .Akhirnya di Ruqyah lah dia , tapi setelah puluhan kali di jampi jampi pakai bahasa arab tak kunjung sembuh , karena memang tidak ada guna guna , tapi sang pe Ruqyah bilang Jin nya sangat kuat sekali dan dia kesulitan mengeluarkannya , dan itu memang jawaban paling aman untuk menutupi ketidakmampuan . Kembalilah dia pada seorang psikiater , setelah diberi obat , seminggu kemudian badannya membaik , atas Izin Allah SWT .

Terkait juga dengan SMS santet yang kian lama kian merebak berita nya kalau kita mau introspeksi diri, pada dasarnya itu adalah efek samping perilaku dari orang-orang yang minim berpikir. Sehingga kemampuan otak dalam membedakan mana yang nyata atau khayalan menjadi bias, akhirnya mudah lah menjadi tersugesti. Mudahnya orang-orang menjadi tersugesti ini juga yang menjadi penyebab kesurupan massal yang dulu kerap masuk dalam berita. Padahal sudah jelas bahkan Ki Joko Bodo  pakar santet dan perdukunan pun dalam konferensi pers nya pun menampik kalau itu adalah ilmu santet. “Ini adalah teror mental” kata beliau yang tampaknya tak rela perdukunan dijadikan kambing hitam😀 .

Ya betul sekali ini adalah teror mental dan semakin diperkuat dengan berita simpang siur di kalangan masyarakat, kelompok arisan dan gosip bahkan bincang-bincang di perkantoran yang akhirnya menjadi sebuah bentuk pengkondisian pikiran yang kuat. Sehingga saat seorang mendapatkan SMS atau telpon huruf merah tersebut, maka bisa menjadi picu yang melahirkan respon hasil sugesti layaknya orang kesurupan.

Kemudahan tersugesti ini pada dasarnya juga dibentuk dari media-media yang beredar dan tanpa nilai (red.film-film horor sampah). Secara tidak sadar banyak kita temui orang-orang yang seharusnya memiliki kecerdasan yang cukup tinggi namun masih sering minta tolong ke dukun atau minimal takut kalau jalan di daerah gelap dan banyak pohonnya. Karena itu langkah-langkah yang harus kita tempuh :

1. berangus film horor yang ga mutu dan irasional

2. hapuskan tayangan praktek-praktek ngusir setan (Ghostbuster bersorban)

3. perbanyak berpikir positif, pikirkan bagaimana hidup Anda di esok hari

dari berbagai sumber

2 Responses

  1. benul,, setuju…

    selama ini (sebagian) kita terlalu percaya akan mistis/ takhayul…

    terima kasih sudaj\h bantu mengingatkan

  2. gw mw percaya apa gk ya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: